Labels

Wednesday, December 28, 2011

Synopsis GIE The Movie


Sutradara Riri Riza
Produser Mira Lesmana
Penulis Riri Riza
Pemeran Nicholas Saputra
Wulan Guritno
Indra Birowo
Lukman Sardi
Sita Nursanti
Thomas Nawilis
Jonathan Mulia
Christian Audy
Donny Alamsyah


Robby Tumewu
Tutie Kirana
Gino Korompis
Surya Saputra
Happy Salma
Distributor Sinemart Pictures
Durasi 147 menit
Anggaran Rp 7-10 milyar (perk.)


Film GIE arahan sutradara Riri Riza menceritakan kehidupan Soe Hok Gie, pemuda Indonesia keturunan TiongHua yang hidup di masa pergolakan akhir pemerintahan Soekarno. Kisah ini diangkat dari catatan harian Soe Hok Gie pada masa itu.

Gie adalah seorang pemuda yang gemar membaca. Pemikirannya kritis disertai keahlian sastra yang mengagumkan. Selain konflik pemerintahan pada masa itu, dikisahkan juga berbagai konflik kehidupan pribadi Gie. Mulai dari kehidupan sekolahnya, pergaulannya, hingga kisah asmaranya.

Setelah mengetahui ada kolom sastra di mading sekolahnya, Gie mulai memublikasikan pemikiran – pemikirannya melalui tulisan. Beranjak ke jenjang kuliah, Gie aktif dalam organisasi kemahasiswaan.

Semakin dewasa, Gie semakin kritis, terutama mengenai persoalan bangsanya. Analisis Gie menarik perhatian seorang aktivis sosialis. Situasi negara yang semakin kacau kemudian mengukuhkan hati Gie untuk bergabung dengan kelompok aktivis tersebut dan membawanya membentuk organisasi revolusioner bersama sahabat – sahabatnya.

Dalam detik - detik terakhir hidupnya, tulisan - tulisan Gie yang keras terhadap pemerintahan membuatnya dikucilkan masyarakat. Desember 1969, Gie meninggal di puncak Gunung Semeru dalam pangkuan sahabatnya, Herman Lantang. Gie tidak menikah, sampai akhir hidupnya ia tidak sempat menyatakan cintanya pada sahabatnya, Ira.

Dalam Festival Film Indonesia tahun 2005, Nicholas Saputra, aktor yang memerankan tokoh Gie memperoleh penghargaan sebagai pemeran pria terbaik. Yudi Datau sebagai tata sinematografi terbaik.

Genre : Fiction - Historical.

No comments:

Post a Comment