Labels

Tuesday, December 13, 2011

Colours of Life


Amazing Oranye
The Colours of Sunset and Autumn
Halloween and Thanksgiving
Carrot and Orange
Oranye is Everywhere


Snappy, Buaya Oranye
Seekor buaya di Geelong, Melbourne, Australia ditemukan memiliki keunikan pada warna kulitnya. Jika buaya air asin umumnya berwarna hijau, Snappy justru berkulit oranye. 

Ketika melihat buayanya berubah menjadi oranye, Tracy Sandstrom –pemilik Snappy–  mengira buayanya sakit dan sekarat. Namun para ahli mengatakan Snappy adalah buaya yang sehat.

Snappy diduga telah mengunyah pipa di dalam tangki yang berisi tanin (zat yang dihasilkan oleh sejenis ganggang merah) karena mengira benda itu dapat menjadi makanan yang lezat.

Hujan Serbuk Oranye di Alaska
3 Agustus 2011 lalu, warga Kivalina, sebuah desa terpencil di Alaska dibuat bingung oleh jatuhnya serbuk oranye dari langit. Beberapa hari berselang, terjadi hujan air yang bercampur serbuk misterius itu, hingga masuk dalam cadangan air minum. Warga khawatir serbuk itu berbahaya. 

Hasil analisis National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), badan yang mengurusi laut dan atmosfer AS, menemukan, serbuk oranye itu adalah spora jamur, bukan telur mikroskopik dari hewan Krustacea kecil seperti yang diduga sebelumnya. Hasil kajian itu diumumkan NOAA pada Kamis, 18 Agustus 2011 lalu. 

National Marine Fisheries Service, salah satu sub dari NOAA menjelaskan, spora tersebut konsisten dengan benda sejenis yang berasal dari jamur (fungus) yang menyebabkan karat, penyakit pada tanaman yang menyebabkan penampilan berkarat pada daun dan batang.

Sebelumnya, seorang warga Kivalina yang mengambil gambar hujan serbuk oranye, Mida Swan mengatakan, serbuk itu terasa berminyak, seperti minyak untuk bayi (baby oil).  Sampai saat ini, belum ada seorang pun yang tahu, apa sebenarnya serbuk itu.

Makna Oranye

Jingga, perpaduan antara warna merah dan kuning. Dalam bahasa Belanda disebut Oranye. Tim nasional sepak bola Belanda, dijuluki "Die Oranje" (Si Oranye) karena warna seragam mereka.

Oranye memiliki karakter seperti warna merah yang berani tetapi lebih feminim dan bersahabat. Warna ini melambangkan sosialisasi, penuh harapan dan percaya diri, membangkitkan semangat, vitalitas dan kreativitas. 


Oranye dapat menimbulkan perasaan positif seperti senang, gembira dan optimis serta penuh energi dan bisa mengurangi depresi atau perasaan tertekan. Bila berlebihan justru  akan merangsang perilaku hiperaktif. Mungkin karena hal ini, Naruto – salah satu tokoh animasi Jepang karya Masashi Kishimoto – diidentikkan dengan warna oranye sesuai dengan karakternya yang selalu optimis dan penuh semangat hingga terkesan hiperaktif.

Setiap warna memiliki makna tersendiri. Aksen warna oranye di ruang keluarga akan membawa kesan akrab pada ruangan. Selain itu warna oranye juga sangat baik untuk meningkatkan komunikasi.

Crescat scientia, vita excolatur.

No comments:

Post a Comment