Labels

Friday, May 31, 2013

Dasar-dasar Komunikasi Organisasi


Bicara soal komunikasi organisasi, ada 2 fokus utama yang kita bahas, yakni komunikasi dan organisasi itu sendiri. Keduanya merupakan hal yang umum dan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Menurut
Komunikasi
Organisasi
KBBI 3
pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak; perhubungan.
kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dalam perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu; kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
Webster’s New Collegiate Dictionary ed 1977
suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem, lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.

Laswell, 1960
suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa, dengan akibat atau hasil apa? (Who says what in which channel to whom with what effect?)

Prof. Dr. Sondang P. Siagian

setiap bentuk persekutuan antar dua orang atau lebih yang bekerja sama serta secara formal terkait dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut atasan dan seorang/sekelompok orang yang disebut bawahan.
Drs. Malayu S.P Hasibuan

suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.

Menurut Pearce dan Cronen (1980), komunikasi tidak hanya sekadar proses menciptakan pembagian makna, tetapi juga membangun realitas sosial dengan cara yang terkordinasi dan secara aktif terkelola.

Organisasi selalu dihubungkan dengan hal-hal seperti manajerial, kepemimpinan dan struktur anggota. Selain ketiga hal tersebut, agar tujuan organisasi dapat berjalan dengan lancar, dibutuhkan koordinasi yang baik antar anggotanya. Dan koordinasi yang baik dapat dijalankan bila aliran informasi dalam lingkup organisasi juga terlaksanakan. Oleh karena itulah, komunikasi berperan penting dalam pencapaian tujuan organisasi.

Berikut tiga alasan pentingnya mempelajari komunikasi organisasi.
  1. Meningkatkan pemahaman mengenai organisasi dan pengalaman sebagai anggota organisasi. Dengan mempelajari komunikasi organisasi, kita dapat memahami secara mendalam apa yang dimaksud dengan komunikasi itu sendiri dan apa yang dimaksud dengan organisasi itu sendiri. Kemudian apa yang dimaksud ketika kedua kata tersebut dipadukan. Dengan demikian kita memahami, seolah memiliki pengalaman langsung mengenai apa-apa saja yang ada dan terjadi dalam kehidupan organisasi.
    • Perlu dipahami bahwa dalam organisasi biasanya terdapat kekuasaan, konflik, hubungan kerja, inovasi dan perubahan, kreasi dan budaya, moral dan kepaduan, perlawanan, kerja sama, compliance gaining serta pembuatan keputusan. 
    • Konflik (conflict) : perseteruan antar individu akibat perbedaan pendapat maupun persaingan. 
    • Hubungan kerja (relationship development): dalam dunia kerja informasi sangatlah penting. Informasi didapat melalui koneksi. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai membangun hubungan yang baik dengan sebanyak mungkin rekan kerja. 
    • Inovasi dan perubahan (inovation and change) : seiring berjalannya waktu, setiap organisasi dituntut mampu beradaptasi terhadap segala jenis situasi dan kondisi. Untuk dapat bertahan hidup dan menghadapi perubahan, organisasi perlu berinovasi. 
    • Kreasi dan budaya (creation and cultures): budaya yang ada atau dibangun setiap organisasi berbeda. Dibutuhkan kreativitas dalam mencapai tujuan organisasi. 
    • Moral dan kepaduan (morals and cohesion) : bekerja dalam ruang lingkup kelompok formal dibutuhkan moral dan etika yang baik. Selain itu, patut kita ingat bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Individualitas dalam organisasi merupakan persaingan yang bila positif dapat memicu persaingan yang sehat dan menghasilkan kreasi dan inovasi. Namun, demi tercapainya tujuan serta terwujudnya visi dan misi organisasi, diperlukan kepaduan atau kekompakan. 
    • Perlawanan (resistance) : menentang perubahan yang terjadi dalam organisasi. 
    • Kerja sama (cooperation) : diperlukan guna mencapai tujuan organisasi. 
    • Compliance gaining : terjadi ketika kita mampu membuat seseorang berlaku seperti yang kita inginkan atau berhenti melakukan sesuatu yang tidak kita sukai. 
    • Pembuatan keputusan (decision making) : dinyatakan petinggi berdasarkan struktural organisasi setelah dipikirkan matang-matang.  
  2. Mengembangkan kesadaran akan berbagai jenis keahlian komunikasi yang penting dalam berorganisasi. Komunikasi merupakan hal yang tak terpisahkan dalam segala aspek kehidupan manusia. Diam pun merupakan suatu komunikasi. Terdapat berbagai jenis komunikasi dengan spesifikasi yang berbeda. Ketika kita mempelajari komunikasi organisasi, maka jelas bahwa kita akan dimampukan untuk menggali secara lebih mendalam tentang berkomunikasi di organisasi.
  3. Menjadi langkah awal memulai karir sebagai komunikator profesional dalam suatu organisasi atau akademisi di lapangan. Organisasi merupakan perserikatan formal, oleh karena itu organisasi erat kaitannya dengan dunia kerja. Memahami komunikasi organisasi, kedepannya akan mengurangi kecanggungan kita saat terjun ke dunia kerja.
Komunikasi organisasi terutama berfokus pada konten atau isi, struktur dan proses interaksi manusia melalui bahasa dan simbol-simbol dari hari ke hari selama aktivitas organisasi berlangsung.

Sumber
http://www.sagepub.com/upm-data/17539_Chapter_1.pdf
http://www.scribd.com/doc/31691275/11/persepsi-Komunikasi-Organisasi-menurut-para-ahli
Littlejohn, Stephen W and Karen A. Foss. 2008. Theories of Human Communication ninth edition. United States of America : Thomson Wadsworth
http://books.google.co.id/books?id=r3Fk0aRpJM4C&pg=PA122&lpg=PA122&dq=compliance+gaining+theory&source=bl&ots=MLFfXub5LR&sig=guPzCsW39AxwwqLRexZpdYGYYDw&hl=id&sa=X&ei=eLg0UeqwMsuIrAeUr4HIDQ&sqi=2&ved=0CFsQ6AEwBQ#v=onepage&q=compliance%20gaining%20theory&f=false
http://laisanurin.blogspot.com/2011/12/konflik-organisasi.html
http://www.thesocialorganization.com/2008/02/creating-intima.html
Mobile phone KBBI

No comments:

Post a Comment