Labels

Saturday, September 5, 2015

Sharing: Tips Penyusunan Laporan Magang Jurnalistik

Penyusunan laporan magang masih menjadi mata kuliah wajib di beberapa perguruan tinggi Indonesia, baik negeri maupun swasta. Biasanya mata kuliah ini ditawarkan pada semester enam dengan sejumlah prasyarat tertentu. Waktu pelaksanaannya pun berbeda, tergantung kebijakan masing-masing fakultas atau universitasnya. Ketentuan dari fakultas biasanya sebulan, namun ketentuan di beberapa perusahaan peserta magang minimal 3 bulan. Di media seperti Metro TV malah mewajibkan minimal magang 6 bulan.

Media Produksi Dewan Pers
Mengambil kesempatan untuk magang semasa berkuliah memiliki banyak keuntungan. Salah satunya kesempatan untuk berkarier secara profesional dengan praktik langsung. Peserta magang seolah menjadi karyawan sungguhan dan bisa mempelajari instansi tempat kerja dengan lebih mendalam. Merasakan suasana kerja yang sesungguhnya, berinteraksi dengan rekan kerja, beradaptasi dengan lingkungan, didorong memahami permasalahan kantor dan sebagainya. Jika beruntung, kamu malah berkesempatan dipercayakan tanggung jawab besar, seperti memimpin sebuah tim menjalankan suatu proyek. Belum lagi kalau di jurnalistik, kamu bisa bertemu dengan tokoh-tokoh ternama maupun pejabat penting. Membangun relasi kerja sejak dini juga bisa kan.

Dengan pengalaman magang yang kita punya, kita juga jadi lebih percaya diri nantinya ketika menyusun lamaran kerja pertama kita. Lihat saja betapa banyak hal yang bisa kamu ceritakan dalam CV-mu. Apalagi jika jam terbangmu sudah tinggi, waah...mentereng gila daah CV-mu.

Naah, sebelum kamu terjun ke dunia kerja. Ada laporan magang yang harus kamu selesaikan dulu di bangku kuliah. Supaya siap mengambil penelitian skripsi di semester akhir. Terus cari penghidupan di masyarakat dech.

Menyusun laporan magang terbilang 'gurih, gurih enyoiy' kalau kata Bang Ocit. Gampang-gampang susah laah. Bakal gampang, pake bangetz, kalau kamu benar-benar menjalankan di tempat yang sesuai dengan bidang konsentrasi perkuliahanmu dan kamu rajin bikin buku harian selama kerja magang. Tapi bakal susah, pake mentok, kalau kamu pura-pura sudah selesai magang dan malas bikin notes.

Beberapa tips dalam menyusun laporan magang:
  1. Memilih tempat magang yang sesuai konsentrasi jurusan kuliahmu;
  2. Alangkah baiknya bisa diterima magang di tempat favorit atau instansi besar dan sudah lama berdiri, sebab data yang kamu peroleh lebih melimpah;
  3. Daftar surat keterangan magang dari kampus jauh-jauh hari. Penting ya, soalnya kadang kan fakultas menerima banyak permintaan pembuatan surat sehingga proses permohonan suratmu butuh waktu untu dijadikan. Belum lagi mengejar tanda tangan pimpinan yang tidak maha hadir;
  4. Karna kamu sedang belajar untuk berkarier secara profesional, seriuslah membuat surat lamaran kerja dan CV yang menarik. Seolah kamu benar-benar mau melamar kerjaan;
  5. Kalau sudah diterima, ingat untuk mencatat hal-hal yang kamu butuhkan untuk laporan magangmu. Lihat standard penyusunannya dari buku pedoman penyusuanan laporan magang yang diterbitkan fakultas/universitasmu dan atau menengok laporan magang senior yang sudah dipajang di perpustakaan. Catat data apa saja yang harus ditulis dan dokumentasi lampiran yang dibutuhkan;
  6. Pastikan kamu membuat buku/catatan harian (diary) tentang segala rutinitas atau aktivitas kerjamu di tempat magang;
  7. Merekam suara, gambar dan memfoto bila diperlukan;
  8. Fotocopy semua berkas hasil kerjamu (jika ada) guna bahan lampiran atau contoh di subbab laporan magangmu kelak.
Lebih jelasnya, berikut adalah contoh laporan magang bab 1 dan bab 2 penulis ketika bekerja magang di Dewan Pers. Bab 1 memuat pendahuluan, sementara Bab 2 ini berisi informasi atau tinjauan umum mengenai profil tempat penulis magang.







Untuk bab-bab lain bisa diakses di perpustakan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara di Gedung Utama lantai 12, Kampus I Untar.

Selamat menyusun laporan magangmu, kawan! Cintai prosesnya, hasil adalah bonus.
Selamat bermagang ria juga yooooooo........................

No comments:

Post a Comment