Labels

Wednesday, February 26, 2014

Manajemen Industri Media

Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen menurut Griffin (2002), berkaitan erat dengan organisasi, yakni sekelompok orang yang bekerja sama dalam sebuah struktur dan berkoordinasi demi mencapai tujuan yang sama. Tidak jauh berbeda, Mary Parker Foller (1997) menjelaskan kata manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. 

Manajemen dalam industri media pada intinya ialah sistem pengaturan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian serta pengawasan terhadap sumber daya manusia, dana, informasi dan bahan produksi lainnya oleh para manajer industri media guna mencapai tujuan institusi media yang bersangkutan. 

Dalam industri media, yang memangku jabatan manajerial utama ialah  pemimpin redaksi, wakil pemimpin redaksi. Manajer tingkat dua dilakoni produser eksekutif, koordinator liputan dan koordinator lainnya yang setingkat. 

Fungsi manajemen dalam industri media massa, yakni :
1. Perencanaan
Pemimpin redaksi dan wakilnya merancang tujuan organisasi atau institusi media, ke depannya akan dijalankan seperti apa dan bagaimana, menetapkan visi dan misi perusahaan medianya. Setelah mufakat, manajer utama bersama manajer tingkat kedua menyusun agenda peliputan harian. Untuk selanjutnya dikoordinasikan kepada para wartawan dan anggota divisi lainnya sesuai tujuan pemberitaan yang hendak dicapai.

2. Pengorganisasian
Dalam tahap ini, setiap awak media dibagi ke dalam divisi-divisi yang jelas. Tugas peliputan dikoordinasikan sesuai divisinya masing-masing: wartawan mencari berita sesuai agenda setting institusi medianya, editor menyunting naskah berita, bagian desain mengatur perwajahan media dan sebagainya. Dengan demikian, pengorganisasian yang baik memungkinkan para awak media bekerja secara lebih efektif dan efisien. 

3. Pengarahan
Koordinator liputan misalnya mengarahkan para reporter atau wartawannya di lapangan mengenai topik dan atau fokus berita yang hendak diangkat. Hal ini bertujuan menjaga agar pencarian berita di lapangan tetap pada jalur agenda setting redaksi media tersebut.

4. Pengendalian dan Pengawasan
Selanjutnya dalam setiap pelaksanaan hingga penerbitan hasil produksinya, manajer media melakukan pengawasan guna menjaga kualitas kinerja dan produksi medianya. Sumber daya media, yakni manusianya, pendanaan, perangkat dan informasi yang tersedia berada di bawah kendali pimpinan perusahaan media dan pemimpin redaksi demi meminimalisir penyimpangan standar operasional prosedur institusi medianya.

Manajemen dalam industri media penting dilaksanakan karena menyangkut kualitas pemberitaan media, ketepatan waktu penyajian, pengolahan dana produksi dan pencapaian tujuan organisasi atau institusi media tersebut.

Kini media massa semakin beragam, ada cetak, elektronik dan online. Setiap media memiliki keunggulan tersendiri. Tata cara pengelolaan dan pengaturan dalam pemanfaatan ketiga media tersebut pun berbeda. Media cetak butuh penyajian sesuai kolom yang tersedia. Agar sampai tepat waktu ke tangan pembacanya (sekitar pukul 6), media ini harus sudah dicetak pukul 03.00. Sajian informasinya pun terbatas pada peristiwa yang terjadi hingga pukul 24.00 hari sebelumnya. Media elektronik seperti TV butuh penyajian gambar dan suara, sementara radio terbatas pada penyajian informasi secara audio. Media online sejauh ini menjadi media massa yang paling hemat waktu, tenaga dan uang. Manajemennya lebih mudah dibanding kedua media massa pendahulunya. Tampilan multimedia pada media online juga lebih menarik bagi khalayak media kini.

Dengan demikian, dibutuhkan manajemen industri media yang terprogram dengan matang agar mampu bersaing dengan industri media lainnya, menarik minat pengiklan dan menjangkau kebutuhan khalayak medianya.

Referensi:
Arismunandar, Satrio. [2013, 4 Desember]. Pengorganisasian dan Struktur Organisasi di Industri Media. Academia.edu [online]. Tersedia: http://www.academia.edu/5356866/Pengorganisasian_dan_Struktur_Organisasi_di_Industri_Media. [Akses 22 Februari 2014].

Wikipedia. [2014, 22 Februari]. Manajemen. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen. [Akses 22 Februari 2014].

No comments:

Post a Comment