Labels

Saturday, May 2, 2015

Catatan Biologi -Global Warming-

Pemanasan Global berdampak paling parah terjadi di daerah pantai. Sebab, pemanasan global mengakibatkan es di kutub meleleh, permukaan air laut meningkat dan menenggelamkan daerah pesisir pantai. Ekstrimnya, penenggelaman pesisir pantai akan sangat berdampak merugikan bagi negara-negara, kota-kota, daerah maupun pulau yang dekat dengan pantai. Banjir besar terjadi dan dapat melumpuhkan aktivitas warga setempat hingga perekonomian dan pemerintahan.

Dilansir dari wikipedia.org, dampak pemanasan global mengakibatkan peningkatan permukaan air laut. Dengan demikian pengaruh signifikan yang mungkin ialah sebagai berikut:
Perubahan tinggi muka laut akan sangat memengaruhi kehidupan di daerah pantai. Kenaikan 100 cm (40 inchi) akan menenggelamkan 6 persen daerah Belanda, 17,5 persen daerah Bangladesh, dan banyak pulau-pulau. Erosi dari tebing, pantai, dan bukit pasir akan meningkat. Ketika tinggi lautan mencapai muara sungai, banjir akibat air pasang akan meningkat di daratan. Negara-negara kaya akan menghabiskan dana yang sangat besar untuk melindungi daerah pantainya, sedangkan negara-negara miskin mungkin hanya dapat melakukan evakuasi dari daerah pantai.

Bahkan sedikit kenaikan tinggi muka laut akan sangat memengaruhi ekosistem pantai. Kenaikan 50 cm (20 inchi) akan menenggelamkan separuh dari rawa-rawa pantai di Amerika Serikat. Rawa-rawa baru juga akan terbentuk, tetapi tidak di area perkotaan dan daerah yang sudah dibangun. Kenaikan muka laut ini akan menutupi sebagian besar dari Everglades, Florida.
Perubahan cuaca, lautan dan atau perairan akibat pemanasan global bahkan dapat memunculkan pelbagai penyakit yang berhubungan dengan panas (heat stroke), penyakit dari air, penyakit kulit, penyakit bawaan nyamuk dan bencana alam, seperti gagal panen, banjir, badai dan kebakaran. Timbulnya bencana alam biasanya disertai dengan perpindahan penduduk ke tempat-tempat pengungsian dimana sering muncul penyakit, seperti: diare, malnutrisi, defisiensi mikronutrien, trauma psikologis, penyakit kulit, dan lain-lain. 

Referensi: wikipedia.org

No comments:

Post a Comment