Labels

Tuesday, January 3, 2012

Resensi Film "Turkish Passort"

Film Dokumenter "Turkish Passport"
Mengungkapkan fakta sejarah yang telah terpendam selama 66 tahun. 

Pada masa pemerintahan Nazi, para diplomat Turki ternyata turut turun tangan dalam upaya penyelamatan warga keturunan Yahudi di Jerman dengan memberikan paspor Turki. Tujuannya agar mereka dapat mengungsi ke negara muslim tersebut.

Film garapan sutradara Burak Arliel yang dirilis pada Mei 2010 ini menuai pujian tanpa terlepas dari kecaman.

"Turkish Passport" disinyalir merupakan propaganda bangsa Turki untuk menunjukkan bahwa mereka orang baik yang menyelamatkan Yahudi dari holocaust*.

Kecaman tersebut dibantah oleh para pendukung film dokumenter ini. "Film ini inisiatif pribadi dan menteri tidak memberikan kontribusi resmi," tutur Celikcan, salah satu produser terlibat.

Film ini muncul saat krisis terburuk hubungan Israel dan Turki. Israel menolak meminta maaf atas insiden penembakan aktivis Turki di kapal bantuan Gaza yang menewaskan 9 warga Turki. Akibatnya, Turki mengusir duta besar Israel di negaranya dan membekukan hubungan.

Source: Koran Harian Seputar Indonesia (SINDO).
Selengkapnya : http://theturkishpassport.com/

*Holocaust adalah penganiayaan dan pemusnahan orang Eropa keturunan Yahudi secara sistematis yang disponsori negara Jerman Nazi beserta sekutu-sekutunya antara tahun 1933-1945. (source : wikipedia)

No comments:

Post a Comment